Featured Post

Perkembangan Penglihatan Bayi Usia 7-12 Bulan

Medianers ~ Perkembangan penglihatan bayi pada usia 7 - 12 bulan cukup luar biasa. Penglihatan bayi Anda hampir sepenuhnya berkembang. Bahk...

Ukom Perawat : "Masalah Keperawatan Demam Pada Anak"

Medianers ~ Seorang anak laki-laki usia 7 tahun dibawa ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) karena mengalami demam, dengan keluhan badan panas dan susah makan sejak 2 hari yang lalu.

Hasil pengkajian perawat, anak mengaku nyeri saat menelan, tampak kulit samping leher membesar (bullneck), terdapat pseudomembran. Frekuensi napas: 24x/menit, frekuensi nadi: 82x/menit. Suhu: 39,5 derjat celcius.

Pertanyaannya, jika perawat menemukan data pada pemeriksaan seperti itu, kira-kira apakah masalah keperawatan utama pada contoh kasus tersebut?

Pilihan jawaban:

  1. hipertermia
  2. risiko aspirasi
  3. pola napas tidak efektif
  4. kekurangan volume cairan
  5. perubahan nutrisi kurang dari kebutuhan
Menurut buku Pedoman Persiapan Uji Kompetensi Nasional Program Studi Profesi Ners, yang diterbitkan oleh Panitia Nasional Uji Kompetensi (Ukom), Ristekdikti, tahun 2018 pada halaman 19, jawabannya adalah nomor 1, yaitu hipertermia.

Hipertermia adalah demam/ panas tinggi dapat mengakibatkan masalah lain pada anak, seperti defisit volume cairan, delirium dan kejang.

Dan, terkait pertanyaan di atas disesuaikan dengan penekanan pertanyaan, serta data yang didapat saat pemeriksaan tanda-tanda vital, terpantau suhu anak 39,5 derjat celcius dan dari 5 pilihan jawaban, yang paling mendekati dan tepat adalah hipertermia.(AW/ Foto: pixabay.com)

Baca juga : Ukom Perawat : "Gangguan Pola Nafas Pada Kehamilan 35 Minggu"