Featured Post

Perkembangan Penglihatan Bayi Usia 7-12 Bulan

Medianers ~ Perkembangan penglihatan bayi pada usia 7 - 12 bulan cukup luar biasa. Penglihatan bayi Anda hampir sepenuhnya berkembang. Bahk...

Tumbuh Kembang Anak Usia 7 Bulan

Medianers ~ Anak usia tujuh bulan, mulai tumbuh menjadi mandiri dan mengembangkan kepribadiannya yang unik. Mulai dari mengambil mainan favorit untuk melakukan penjarahan atau merangkak dari satu tempat ke tempat lain.

Anak Anda yang berusia 7 bulan sedang belajar mengendalikan lingkungannya dan berusaha mengetahui hal-hal baru yang menyenangkan. Selama satu bulan ke depan, Anda harus menemukan banyak peluang dan cara yang aman untuk terus mendorong pergerakan motorik bayi agar tetap berkembang, maupun kreativitas, dan keingintahuan bayi terhadap suatu hal.

Keterampilan Motorik Bayi Usia 7 Bulan

Anak usia tujuh bulan belajar untuk berkeliling, meskipun mereka tidak melakukannya dengan cara yang sama. Bayi Anda dapat merayap, bergeser, berguling, merangkak, atau menggabungkan keempat gerakan.

Anda dapat mendorong mobilitas baru ini dengan menempatkan mainan hanya dari jangkauan bayi Anda. Pastikan bayi aman saat menjelajah dengan menyingkirkan mainan atau benda lain yang berisi potongan kecil atau tajam.

Karena bayi sekarang dapat duduk tanpa bantuan dan meraih serta mengambil mainan, waktu bermain melibatkan lebih banyak kemandirian dari pada beberapa bulan lalu. Kemampuan untuk memegang dan minum dari cangkir, dan mungkin makan dari sendok, berarti dia juga lebih mandiri pada saat makan.

Anak Anda yang berusia 7 bulan harus cukup kuat sekarang untuk menahan diri di atas kakinya saat didukung. Berlatih keterampilan tersebut akan memperkuat otot-otot kaki dan membantu dia bersiap-siap untuk berjalan.

Pada Usia 7 Bulan, Bayi Anda Tumbuh Gigi

Diantara bulan kelima dan bulan ketujuh, bayi Anda mulai tumbuh gigi. Anda harus melihat tunas gigi kecil pertama muncul dari gusi. Anda akan tahu bahwa bayi Anda tumbuh gigi karena ia akan mengeluarkan air liur lebih banyak dan mungkin akan menjadi lebih sering dari biasanya.

Untuk menenangkan ketidaknyamanan pada gusi, berikan bayi kain lap dingin atau mainan gigi untuk dikunyah. Setelah beberapa gigi pertama muncul, sikatlah setiap hari dengan sikat gigi bayi yang lembut dan beri pasta gigi.

Anda mungkin akan melihat dua gigi tengah bawah muncul terlebih dahulu, diikuti oleh dua gigi tengah atas. Gigi dua sisi atas dan atas harus terisi selama 3 atau 4 bulan ke depan. Jangan khawatir jika bayi Anda berusia 7 bulan dan belum memiliki gigi. Pola tumbuh gigi sangat bervariasi antara anak satu dengan yang lainnya.

Beberapa bayi dilahirkan disertai dengan tumbuh gigi cepat, sementara bayi lain tidak mulai ada tanda-tanda tumbuh gigi sampai usia di atas 1 Tahun. Terkait hal itu, tidak perlu dikhawatirkan.

Pola Makan Anak Berusia 7 bulan

Bayi usia 7 bulan, seharusnya sudah mulai makan makanan padat. Sekarang Anda mungkin bisa memperkenalkan makanan buah-buahan dan sayuran yang dihaluskan.

Terkait : Tips Menyiapkan Makanan Bayi Usia 6 Bulan

Dan, tawarkan juga anak Anda 4 sendok makan sereal yang diperkaya zat besi setiap hari. Menambahkan makanan yang lebih tebal ini akan membantu bayi Anda menyesuaikan diri dengan tekstur baru dan belajar cara mengunyah. Setiap kali Anda memperkenalkan makanan baru, tunggu beberapa hari sebelum mencoba yang lain dan perhatikan tanda-tanda alergi seperti diare, muntah, ruam, atau reaksi lain.(Sumber: WebMD/ Editor: AW/ Ilustrasi :pixabay.com)