Featured Post

Perkembangan Penglihatan Bayi Usia 7-12 Bulan

Medianers ~ Perkembangan penglihatan bayi pada usia 7 - 12 bulan cukup luar biasa. Penglihatan bayi Anda hampir sepenuhnya berkembang. Bahk...

Tips Menyiapkan Makanan Bayi Usia 6 Bulan

Medianers ~ Pada usia 6 bulan, bayi Anda siap untuk diajarkan atau diberi makanan padat. Sebaiknya, mulailah dengan porsi kecil, yakni 5-10 ml atau satu sendok teh dan tambahkan jumlahnya secara bertahap.

Sebab, bayi usia 6 bulan baru mulai dibolehkan makan- makanan padat, jadi cukup dengan porsi setengah sendok saja pada awalnya, dan jangan paksakan.

Terkait : Umur Berapa Bayi Boleh Diberikan Makanan Padat ?

Memberikan makanan padat menjadi tugas berat bagi orang tua. Sebab, Anda perlu berhati-hati untuk menyuapi, agar bayi tidak tercekik atau melukai perutnya dengan makanan terlalu berat.

Berhati-hatilah agar tidak membahayakan bayi saat Anda memberikan makanan padat. Jenis makanan padat sesuai tumbuh kembang yang dibutuhkan bayi usia 6 bulan, sebaiknya dikonsultasikan pada ahli gizi atau pada dokter anak Anda.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menyiapkan Makanan Bayi Usia 6 Bulan

Sebagaimana dihimpun dari situs momjunction.com, sebaiknya bayi usia 6 bulan jangan berikan susu sapi. Juga hindari madu, karena mungkin mengandung spora yang menyebabkan botulism, yaitu semacam keracunan yang disebabkan oleh racun dari bakteri Clostridium botulinum.

Selanjutnya, jangan memberikan irisan buah pada bayi usia 6 bulan karena, bisa menyebabkan tersedak. Dan, cara memberikan atau memperkenalkan buah pada bayi sebaiknya dihancurkan dan amati terjadinya reaksi alergi, sebelum memberikan jenis buah tertentu sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan Ahli gizi Anda.

Terkait : Perkembangan Indera Penglihatan Bayi Usia 6 Bulan

Beri makan bayi Anda di lingkungan yang tenang dan menyenangkan. Siapkan makanan bayi dalam wadah baja atau gelas tidak mudah pecah.

Tawarkan air dalam gelas atau cangkir baja steril, tetapi tidak dalam botol atau botol susu. Dan, cuci tangan Anda sebelum menyiapkan dan memberi makanan pada bayi Anda.

Kemudian, perkenalkan bayi Anda pada makanan sehat sehingga ia terbiasa dan menyukainya. Mulailah dengan makanan yang mudah dicerna seperti sereal, buah-buahan, dan sayuran. Dan, ciptakan suasana santai serta tenang dengan irama musik lembut ketika dia sedang makan.(Berbagai sumber / Editor: Anton Wijaya/ Ilustrasi: pixabay.com )