Featured Post

Perkembangan Penglihatan Bayi Usia 7-12 Bulan

Medianers ~ Perkembangan penglihatan bayi pada usia 7 - 12 bulan cukup luar biasa. Penglihatan bayi Anda hampir sepenuhnya berkembang. Bahk...

Instrumen untuk Bedah Soft Tissue Tumor atau Kista

Medianers ~ Pada prinsipnya instrumen bedah soft tissue hampir sama dengan kebutuhan instrumen atau peralatan operasi bedah minor lainnya, yakni menggunakan set bedah plastik (set instrumen bedah minor).

Bedah soft tissue yaitu pembedahan atau pengangkatan jaringan lunak beserta isinya, seperti tumor atau kista. Yang akan diangkat adalah kantong dan isinya yang terletak di bawah kulit.

Adapun alat atau instrumen yang dibutuhkan untuk operasi soft tissue tumor atau kista adalah satu set bedah minor, dalam satu set bedah minor terdapat beberapa instrumen, isinya sebagai berikut:

  1. Allys sebanyak 2 buah;
  2. Klem lurus (Straight Artery Forceps) sebanyak 2 buah;
  3. Klem bengkok sebanyak 2 buah;
  4. Gunting sebanyak 2 buah (gunting benang dan gunting jaringan);
  5. Kocher sejumlah 2 buah;
  6. Needle Holder sejumlah 2 buah;
  7. Desinfektan forcep sejumlah 1 buah;
  8. Duk klem 5 buah;
  9. Tangkai pisau sejumlah 1 buah;
  10. Pinset cirrurgi sejumlah 2 buah;
  11. Pinset Anatomi sejumlah 1 buah;
  12. Retraktor / Hak pengait sejumlah 2 buah;
  13. Kom cairan desinfeksi sejumlah 1 buah;
  14. Nierbeken sejumlah 1 buah.
Set instrumen bedah plastik untuk operasi soft tissue di atas merupakan isi dan jumlahnya standar berdasarkan kesepakatan tim bedah sebuah rumah sakit masing-masing yang dirangkai dan disterilkan dalam satu kemasan.

Baca juga : Teknik Pembedahan Fibro Adenoma Mammae - FAM

Dan kemungkinan, antara satu rumah sakit dengan rumah sakit lainnya, akan terdapat perbedaan isi dan jumlah instrumen bedah plastik yang digunakan, dan itu bukanlah persoalan serius, sebab setiap rumah sakit atau instalasi bedah sentral memiliki kebutuhan yang berbeda.

Baca juga : Anda Mau Tau Cara Kerja Operasi Sectio Caesaria

Ketika pembedahan berlangsung, kemungkinan tidak semua instrumen akan terpakai, dan juga akan ada kemungkinan ada instrumen yang perlu ditambahkan atau didatangkan saat operasi berlangsung, seperti perlunya instrumen currettage (kuret), dan lainnya.(Anton Wijaya)