Featured Post

Perkembangan Penglihatan Bayi Usia 7-12 Bulan

Medianers ~ Perkembangan penglihatan bayi pada usia 7 - 12 bulan cukup luar biasa. Penglihatan bayi Anda hampir sepenuhnya berkembang. Bahk...

Beda Makna Pertumbuhan dengan Perkembangan Pada Anak

Medianers ~ Makna Pertumbuhan dan perkembangan pada bayi dan anak cukup rumit dibedakan bagi masyarakat awam. Pertambahan berat badan, mungkin bisa saja diartikan sebagai perkembangan atau anak bisa melakukan gerakan berjalan diartikan sebagai pertumbuhan.

Sebetulnya tidak demikian, antara pertumbuhan dan perkembangan ada perbedaan yang signifikan yang bisa dibedakan secara mudah dan secara kasat mata. Untuk itu, medianers mencoba menguraikan dibawah berikut.

Makna Pertumbuhan Pada Anak

Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran-ukuran fisik anak, terutama tinggi (panjang) badan. Sedangkan berat badan lebih erat kaitannya dengan status gizi dan keseimbangan cairan (dehidrasi, retensi cairan), namun dapat digunakan sebagai data tambahan untuk menilai pertumbuhan anak.

Adapun ciri-ciri pertumbuhan pada anak adalah terjadinya perubahan ukuran, perubahan proporsi, dan berubahnya ciri-ciri lama pada fisik anak.

Kemudian, pertumbuhan erat kaitannya dengan timbulnya ciri-ciri baru, serta keunikan pertumbuhan, seperti kecepatan pertumbuhan tidak teratur dan organ memiliki pola pertumbuhan yang berbeda.

Makna Perkembangan Pada Anak

Perkembangan adalah bertambahnya kemampuan fungsi-fungsi anak antara lain: kemampuan gerak kasar dan halus (gerakan motorik), pendengaran, penglihatan, komunikasi, bicara, emosi-sosial, kemandirian, intelegensi, bahkan perkembangan perkembangan moral.

Adapun ciri-ciri perkembangan pada anak adalah: Terjadinya perkembangan kognitif, yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan konsep mengetahui, termasuk didalamnya mendapat informasi, berpikir, dll. Kemudian perkembangan emosi, perkembangan sosial, meliputi 2 hal, diantaranya kemampuan menolong diri sendiri dan kemampuan berinteraksi dengan orang lain.

Selain itu, perkembangan juga menyoroti perubahan motorik, meliputi 2 hal, yakni motorik halus dan motorik kasar. Juga perkembangan bahasa. Apa bila terjadi kekurangan salah 1 aspek perkembangan, makan dapat mempengaruhi aspek yang lain.

Baca juga : Tips Menyiapkan Makanan Anak Usia 6 Bulan

Dapat dicontohkan, misalnya ada gangguan pendengaran pada anak atau bayi maka dapat mempengaruhi perkembangan sosial dan perilaku anak. Untuk itu, perkembangan anak dari bulan ke bulan atau dari tahun ke tahun, perlu pantauan orang tu. Jika tidak berkembang dengan baik, maka sebaiknya konsultasikan ke pelayanan kesehatan terdekat atau ke dokter spesialis anak atau kepada Perawat pediatrik.(Dihimpun dari berbagai sumber/ Editor: AW/ Ilustrasi: pixabay.com)

Terkait : Pedoman Tahap Tumbuh Kembang Bayi 0-12 Bulan