Featured Post

Perkembangan Penglihatan Bayi Usia 7-12 Bulan

Medianers ~ Perkembangan penglihatan bayi pada usia 7 - 12 bulan cukup luar biasa. Penglihatan bayi Anda hampir sepenuhnya berkembang. Bahk...

Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan

Medianers ~ Selaku orang tua akan penasaran, dan mencari tahu apa saja perkembangan bayi saat berusia lima bulan? Dan, bagaimana ingin tau pula bagaimana caranya agar bayi usia 5 bulan bisa berkembang dengan baik.

Saat bayi Anda berusia 5 bulan, mungkin akan mengulurkan tangannya untuk dijemput dan dirangkul. Bahkan mampu menghadirkan momen yang ceria, seketika sang bayi mampu membuat hati mencair, dengan meletakkan tangan kecilnya nan imut di sekitar leher Anda. 

Menurut teori, pada usia lima bulan, kemampuan bayi Anda akan terus berkembang, dimana sang bayi dapat mengenali berbagai objek, termasuk benda-benda kecil dan benda-benda yang bergerak. 

Bayi usia 5 bulan, bayi masih berorientasi dengan fase oral, cendrung meletakkan sesuatu di mulutnya. Karena mulut bayi memiliki lebih banyak ujung saraf dari pada bagian lain dari anggota tubuh lainnya.

Jadi aktifitas oral pada bayi usia 5 bulan adalah cara sempurna bagi bayi untuk mengungkapkan rasa penasarannya, dan ingin mengetahui seperti apa rasanya setiap benda yang ia pegang. 

Situasi demikian, orang tua idealnya menjaga kebersihan mainan untuk mencegah risiko penularan penyakit, dengan cara mainan selalu dicuci dan dibersihkan. Dan, juga menjauhkan benda- berbahaya, serta beracun seperti obat nyamuk, dan obat-obatan lainnya yang bisa dijangkau sang buah hati.

Perkembangan Motorik Bayi Pada Usia Lima Bulan

Seiring berjalannya bulan, otot-otot bayi Anda akan semakin kuat. Pada usia lima bulan, beberapa bayi mungkin sudah mempelajari dan menguasai cara duduk, akan tetapi mayoritas masih belum terlihat sempurna dan akan membutuhkan bantuan sandaran dari bantal untuk menopangnya agar duduk tidak terlihat miring.

Terkait : Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

Kemudian, bayi usia 5 bulan akan mulai menambahkan suara-suara baru ke memorinya. Anda juga akan menemukan bayi mengulang suara saat mereka mulai menjelajahi dan menikmati kemampuan baru dengan kata-kata baru seperti, "mam." Terkadang, bayi bisa saja terlihat membuat suara 'lucu.' Bahkan, mungkin mencoba membuat Anda tertawa mendengar suara lucunya.

Cara Membantu Perkembangan Bayi pada Usia Lima Bulan

Untuk membantu bayi Anda agar bisa duduk sempurna, maka perlu diberikan latihan ringan, dengan cara melatih gerakkan kaki bayi, bisa dengan trik meletakkan mainan di depan bayi untuk dijangkau dan dimainkan.

Terkait : Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

Dengan maksud bayi berusaha segera belajar menjangkau dengan menggerakan kaki, serta mengoper mainan dari satu tangan ke tangan yang lain sendirian.

Terkait : Pedoman Tahap Tumbuh Kembang Bayi 0-12 Bulan

Anda juga bisa pindahkan mainan agak jauh dari jangkauan bayi dan perhatikan, apakah bayi mencoba meraihnya. Jika bayi tidak bisa, pindahkan sedikit lebih dekat agar bayi terstimulasi bergerak sehingga ia tidak menyerah.(Dihimpun dari berbagai sumber/ Editor : Anton Wijaya/ Ilustrasi pixabay.com).